Budidaya Wortel (Daucus carota L.)


Budidaya Wortel (Daucus carota L.)

Wortel merupakan salah satu tanaman hortikultura sub sayur-sayuran dan merupakan tanaman biennial (siklus hidup 12-24 bulan). Wortel menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m dengan warna bunga berwarna putih dan rasa manis yang langu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi dengan jenis umbi akar.

Seperti yang kita ketahui bahwa umbi wortel mengandung segudang vitamin dimana salah satunya yang paling banyak terkandung adalah vitamin B karoten yang diubah menjadi vitamin A yang baik untuk mata. Selain itu, vitamin A ini juga baik dalam membantu melawan jerawat serta memperlambat sel-sel mati untuk mengurangi tanda penuaan dan flek akibat sinar matahari. Wortel juga mengandung senyawa lain seperti karotenoid dan lutein, likopen, anthocyanin sebagai antioksidan, beta karoten dan alpa karoten yang mengolah vitamin A serta poliasetilenes sebagai senyawa bioaktif yang melindungi tubuh dari sel kanker. Dengan kandungan yang telah disebutkan di atas, wortel juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, menyembuhkan luka dan menjaga kesehatan jantung.

Kabupaten Karo, Sumatera Utara, merupakan salah satu sentra penghasil tanaman wortel kualitas terbaik di Indonesia. Tak hanya dijual di berbagai daerah di Indonesia, hasil budidaya wortel ini juga telah merambah ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Kementerian Pertanian terus berupaya meningkatkan kualitas, perluasan pasar dan pendapatan petani dengan penggunaan benih unggul dan sarana serta prasarana pertanian modern demi tercapainya tujuan untuk meningkatkan eskpor sekaligus mengurangi bahkan menghentikan impor wortel. Tujuan ini diyakini dapat tercapai mengingat data yang dari pusat statistik yang menunjukkan adanya peningkatan pada Januari-November 2018 naik 63% dibandingkan dengan Januari-November 2017.

Sumber :
https://ekbis.sindonews.com/read/1371223/34/potensi-pasar-tinggi-kementan-genjot-produksi-wortel-1547706443
https://id.wikipedia.org/wiki/Wortel
https://www.liputan6.com/health/read/3693911/21-manfaat-wortel-untuk-kesehatan-dan-wajah-tak-cuma-buat-mata

Download ↓↓↓ https://drive.google.com/file/d/1fqVy4tf1PDXARQzGrYdroedsxVl5Za3q/view?usp=sharing

Post a Comment

0 Comments